Monday, July 9, 2012

Program Administrasi Perpustakaan (Projek akhir pemrograman lanjut)


    Deskripsi Program

Program ini merupakan program administrasi perpustakaan yang berfungsi untuk me-manage database buku dan transaksi peminjaman buku. Program administrasi perpustakaan ini menggunakan konsep linked list, struct dan array di dalamnya. Terdapat dua mode pada program ini, yaitu mode administrator dan mode guess. Mode administrator memiliki hak untuk mengelola database secara penuh, sedangkan mode guess hanya diberi hak untuk mencari  dan meminjam buku.


B.                Fitur-fitur Utama Program dan Kegunaannya

Mode Guess :
1.      Fitur pinjam buku : Fungsi dari fitur ini adalah untuk memudahkan guess dalam meminjam buku. Guess menginputkan identitas dirinya dan menginputkan judul buku yang ingin dipinjam beserta jumlahnya. Guess hanya diperbolehkan meminjam maksimal 3 judul buku. Proses peminjaman akan langsung tercatat dalam file dan secara otomatis mengurangi jumlah buku yang berada di database.
2.      Fitur cari buku : Fitur ini memudahkan guess untuk menemukan buku yang diinginkan. Pencarian dibedakan menjadi dua. Pencarian berdasarkan judul buku dan pencarian berdasarkan pengarang.

Mode  Administrator :
1.      Fitur tambah buku : Fitur ini berfungsi untuk menambah buku baru ke dalam database.
2.      Fitur Cari buku : Fitur ini memudahkan Administrator untuk menemukan buku yang diinginkan. Pencarian dibedakan menjadi dua. Pencarian berdasarkan judul buku dan pencarian berdasarkan pengarang.
3.      Fitur hapus buku : Fitur ini berfungsi untuk menghapus buku dari database.
4.      Fitur ubah status buku : Fitur ini berfungsi untuk mengupdate status buku. Administrator dapat mengupdate jumlah, lokasi, dan kategori buku berdasarkan data yang baru.
5.      Fitur lihat daftar buku : Fitur ini berfungsi untuk menampilkan daftar buku yang berada pada database. Data yang ditampilkan adalah judul, jumlah, lokasi, kategori dan pengarang buku.
6.      Fitur lihat transaksi peminjaman : Fitur ini berfungsi untuk menampilkan transaksi peminjaman. Data yang ditampilkan adalah kode peminjaman, identitas peminjam dan buku-buku yang dipinjam.
7.      Fitur transaksi pengembalian buku : Fitur ini merupakan fasilitas untuk proses pengembalian buku. Administrator diminta untuk menginputkan kode peminjaman. Jika kode tersebut cocok, maka jumlah buku yang telah dipinjam dimasukkan kembali ke dalam database. Dan Transaksi peminjaman tersebut dihapus.


Source Code bisa di download disini  
Jika ada bug atau kritik, silahkan dikomen. semoga bermanfaat :) 
 

0 comments:

Post a Comment