Monday, July 2, 2012

Operasi File pada C

Sudah lama tidak posting karena sibuknya kuliah, kali ini saya ingin sharing tentang file operasi pada C. File operasi ini berguna sebagai storage atau media penyimpanan pada C. Jadi seperti halnya memory card pada PS, kita bisa me-load kembali data-data sebelumnya.

Pada dasarnya, operasi file hanya memiliki dua operasi, yaitu membaca file dan menulis ke file. Untuk membaca atau menulis ke file, kita memerlukan sebuah pointer yang menunjuk ke file tersebut. syntaxnya : FILE *namapointer;  . Untuk mengakses sebuah file, Sebelumnya file tersebut harus dibuka terlebih dahulu menggunakan fungsi: fopen(ptr_to_file). Kemudian jangan lupa untuk menutup file tersebut jika sudah selesai, menggunakan fungsi: fclose(ptr_to_file). Terdapat fungsi-fungsi yang lain juga. Seperti fwrite(buffer,size1,size2,ptr_to_file) untuk menulis data pada buffer ke file, fread(buffer,size1,size2,ptr_to_file) untuk membaca data dari file dan dimasukkan ke buffer, fprintf() untuk mencetak output pada file dan fungsi-fungsi lainnya.


Yang harus dimengerti adalah file disini merupakan sebuah media penyimpanan. Jadi jika kita ingin mengolah data yang ada pada file, data tersebut dibaca terlebih dahulu dan dimasukkan nilai-nilainya ke suatu variabel ataupun array. Barulah kemudian kita edit. Setelah itu dapat kita masukkan kembali nilai yang baru ke dalam file tadi. Untuk mengetahui data mana yang kita inginkan, gunakan perintah fseek( ) untuk mencari data yang kita inginkan di dalam file.
Untuk lebih detailnya, silahkan download file tentang operasi file disini.

semoga bermanfaat, have a nice holiday :)

0 comments:

Post a Comment